Senin, 07 Agustus 2017

MENANAMKAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH

Muhammadiyah adalah salah satu persyarikatan atau organisasi yang sudah lama hadir di Negara Indonesia (1912), sehingga sudah tidak asing di dengarkan namanya oleh masyarakat Indonesia walaupun belum semua memahami hakekat dan ideology Muhammadiyah sebenarnya. Muhammadiyah berperan memberikan sumbangsih yang luar biasa kepada masyarakat Indonesia, disamping sebagai gerakan dakwah, Muhammadiyah juga sebagai gerakan tajdid. Dalam Anggaran Dasar tentang identitas disebutkan Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam, Dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar, dan Tajdid.
     Muhammadiyah merupakan sebagai salah satu wadah yang mulia untuk “Menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud Masyakat Islam yang sebenar-benarnya”. Dengan tujuan yang mulia karena Islam, maka Muhammadiyah masih bisa eksis di tingkat kanca Nasional maupun tingkat Internasional. Kecenderungan Muhammadiyah adalah mewujudkan Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya dibandingkan dengan mewujudkan Negara Islam. Konsep dakwah Muhammadiyah tentu juga berbeda dengan organisasi ataupun kelompok lainnya. Tetapi alangkah baiknya adalah saling solid dalam menjalankan dakwahnya, agar kehidupan kebermanfaatan terhadap orang lain dapat dirasakan secara damai dan aman sentosa.
            Landasan berdirinya Muhammadiyah terdapat QS. Al-Imran 104:
وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma`ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung”. Qs.Al-Imran: 104.
Dalam menjalankan visi dan misi dakwahnya, Muhammadiyah selalu mengajak kedalam kebaikan dan berusaha mencegah kejelekan sebisa mungkin yang dilakukan. Dengan niatan yang ikhlas untuk menegakkan Islam yang berperan di dalam beberapa sector manapun yang menjadi peluang untuk melakukan pernuatan positif.
Semoga bermanfaat dan berkah. Aamiin 


Senin, 15 Dzulqa'dah 1438 H/ )7 Agustus 2017 
Created By: 
IMMawan Aim 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar