Sabtu, 17 Desember 2016

DUA MALAM Bersama IMM Kompon KH MAS MANSUR


CADRE ADVENTURE DUA MALAM Bersama
 IMM Kompon KH MAS MANSUR
(Oleh: IMMawati Anisa Kurniarahman)
 Apa itu Cadre Adventure ?
Cadre Adventure merupakan kegiatan petualangan dan pengenalan antar sesama kader IMM khususnya IMM Komisariat KH. Mas Mansur.

Apa itu IMM ?
IMM atau Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi otonom di bawah Muhammadiyah.

Apa itu Muhammadiyah ?
Muhammadiyah adalah Gerakan Islam yang melaksanakan da’wah amar ma’ruf nahi munkar dengan maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Jadi, Cadre Adventure adalah rangkaian kegiatan pengkaderan IMM KH Mas Mansur yang bertujuan mengakrabkan seluruh kader baik IMMawan maupun IMMawati, hanya saja bersifat tidak resmi atau hanya IMM KH Mas Mansur yang menyelenggarakannya.
Untuk mengikuti Cadre Adventure tentu seseorang harus menjadi kader IMM KH Mas Mansur dan otomatis mereka adalah orang-orang yang tinggal di PESMA KH MAS MANSUR. IMM KH Mas Mansur memiliki ciri khas jika dibandingkan dengan IMM komisariat lain, diantaranya adalah adanya dua garis putih pada lengan kanan jaket IMM-nya, anggota IMM KH Mas Mansur terdiri dari berbagai fakultas dan jurusan, ini berbeda dengan IMM fakultas yang jurusannya hanya fakultas itu, dan dari tri kompetensi dasar IMM, IMM KH Mas Mansur dikenal sebagai komisariat yang kental akan religiusitasnya.

Meskipun KH Mas Mansur kental akan religiusitasnya, bukan berarti aspek intelektualitas dan humanitasnya tidak ada, melainkan digunakan sebagi penyeimbang. Dalam program kerjanya komisariat ini memiliki banyak agenda kajian, tabligh akbar dan diskusi. Sedang dalam humanitas, komiasariat KH Mas Mansur juga membantu mencarikan donasi bagi sesama yang membutuhkan dengan melakukan aksi Mas Mansur Peduli. Yang lebih mengena adalah hubungan humanitas antar sesama anggota dimana frekuensi pertemuan yang cukup sering baik di dalam maupun di luar forum manambah kesolidan IMM ini. Apalagi dengan diadakannya Cadre Adventure atau biasa disebut CA semakin mempererat ukhuwah antara kader dan pengurus, kader dan demisioner (alumni), pengurus dan pengurus maupun pengurus dan demisioner.

Pelaksanaan CA sendiri dilaksanakan tanggal 7-9 Oktober ( 3 hari 2 malam) bertempat di Tawangmangu. Dengan berbekal niat dan sekoper pakaian para pengurus dan kader memulai perjalanan menuju kampung CA. Dalam pelaksanaannya, CA memiliki banyak kegiatan. Kegiatannya pun menyenangkan dan sangat bermanfaat namun ada juga yang cukup membuat jantung berdegup kencang.

Agenda pertama CA adalah perkenalan sesama anggota (sarasehan). Kemudian esok paginya dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh demisioner mengenai “Sejarah berdirinya IMM Kompon KH Mas Mansur” dan “Mahasiswa Sebagai Agen Perubah Peradaban”. Ada juga diskusi yang dipimpin oleh pengurus mengenai “Penerapan Tri Kompetensi Dasar IMM dalam kehidupan mahasantri di pesma KH Mas Mansur”. Pembawaan menyenangkan dari para pemateri menambah seru kegiatan. Seolah tidak bosan dengan kegiatan yang ada para kader dan pengurus tampak bersemangat dalam setiap sesi acara. Semua berpendapat, melakukan aksi dan tertawa renyah bersama.

Sesi yang paling ditunggu adalah malam terakhir CA yaitu pentas seni (inagurasi). Kelompok yang telah dibagi baik dari IMMawan maupun IMMawati harus menampilkan pertumjukan seni. Ada yang menampilkan puisi bahasa arab, ada yang menampilkan pertunjukkan boneka orang dari sarung, bermain ruyung (kopral), ada juga yang menampilkan menyanyi dan puisi berantai. Pengurus pun tak mau kalah, beberapa dari mereka menampilkan menyanyi dan ada pula yang break dance. Malam pensi benar-benar sukses merefresh otak yang seharian dijejali dengan materi. Atmosfer menyenangkan begitu terasa oleh peserta.

Namun, tak lama kemudian atmosfer yang menyenangkan itu berubah menjadi haru biru. Para kader ditutup matanya menggunakan kain. Diperdengarkanlah lagu sedih dan lantunan puisi menyentuh kalbu mengenai kedua orang tua. Orangtua merupakan sosok krusial bagi seorang anak. Tidak heran jika saat diperdengarkan puisi, seketika hampir semua kader meneteskan airmata. Entah apa yang dibayangkan para kader tentang orangtua mereka. Apapun itu, jasa dan perjuangan kedua orangtua tidak akan pernah bisa dibalas seorang anak. Isi  puisi tersebut cukup membuka hati dan pikiran para kader serta membuat mereka merasa termotivasi.

Acara pensi selesai, dilanjutkan dengan acara yang membuat jantung cukup berdegup kencang. Apalagi kalau bukan jelajah malam. Tepat pukul 01.00 dinihari kader dibangunkan secara bergantian untuk jelajah malam. Jelajah malam itu terdapat enam pos yang jaraknya kurang lebih 1 km. Di masing-masing pos ada misi untuk kader, entah itu kader harus menjawab pertanyaan dari pengurus atau harus melakukan sesuatu. Suasana fajar yang berkabut menambah syahdu suasana. Kader tanpak tak gentar melanjutkan perjalanan. Memang, Tidak semua kader sampai di pos terakhir, ada beberapa kader yang tidak dapat melanjutkan perjalanan dikarenakan sakit. Namun, itu tidak terlalu berpengaruh pada kegiatan. Setelah acara jelajah malam selesai, kemudian dilanjutkan dengan shalat tahajud dan subuh berjamaah.
 
Apakah kegiatan CA selesai ?
Tentu saja belum, ada satu kegiatan sebagai penutup CA yang sangat rugi jika tidak berpartisipasi di dalamnya. Kegiatan tersebut adalah outbond (baca: main lumpur). Kegiatan outbond di hari terakhir tidak jauh-jauh dari kata air dan lumpur. Namun, hal itu lah yang membuat outbond jadi menarik dan mengasyikkan. Berani kotor itu baik seperti yang diucapkan iklan di televisi tampaknya ada benarnya. Baik kader maupun pengurus bermain dengan sesuka mereka. Semua basah, semua kena lumpur, dan semua tampak kotor. Kebersamaan kader dan pengurus dari awal outbond sampai selesai begitu kental rasanya.

IMM dan CA mengajarkan banyak hal kepada para kader dan pengurus. Menjadi anggota IMM bukan berarti mereka adalah orang yang paling baik. Namun, menjadi anggota IMM artinya mereka memiliki keinginan untuk menjadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya. Mengikuti CA juga bukan serta merta cukup mengenal sesama kader dalam forum. Tapi bagaimana setelah CA yang hanya dalam waktu 2 malam usai, para kader dapat mengambil ilmu dari kegiatan tersebut untuk diterapkan pada saat meng-handle kegiatan yang akan mereka selenggarakan. Entah itu dari segi event organization, rasa tanggung jawab, kreatifitas, berpikir kritis dan rasa kebersamaan.
Demikian dan terimakasih
 
  Penulis : Anisa Kurniarahman



Tidak ada komentar:

Posting Komentar