Senin, 12 Desember 2016

All about IMM Mas Mansyur


”Bukan hanya sekedar memilih, tapi menentukan dengan sebaik mungkin manakah yang harus dipilih sebagai kelanjutan untuk berkecimpung dalam dunia para aktivis”, begitulah anggapan dari sebagian mahasantri baru Pesantren Mahasiswa Internasional KH. Mas Mansyur. Termasuk saya pribadi. Dilema antara 2 organisasi otonomi Muhammadiyah yang mana mewadahi berbagai aspirasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta.  Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah manakah yang harus dipilih? Apakah IMM fakultas ataukah IMM Mas Mansur? Mereka sama, namun berbeda. Keduanya sama dalam hal tujuan dan ideologi yang di pakai, namun ciri khas yang mereka miliki tetaplah berbeda.
Pada akhirnya, saya mencoba bergabung dan mengikuti berbagai kegiatan yang di selenggarakan oleh kedua komisariat IMM tersebut, khususnya IMM Kompon Int. KH.Mas Mansyur. Kegiatan awal yang mereka selenggarakan adalah Initation Program (Agenda Pesma). Kegiatan ini layaknya OSPEK pada awal memasuki Universitas. Kita dikenalkan dengan berbagai kegiatan Pesma, lingkungan Pesma, para staff dan karyawan Pesma serta organisasi yang ada di Pesma. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasantri baru Pesma, karena dengan adanya kegiatan ini kami yang pada awalnya awam informasi mengenai seluk beluk Pesma dapat mengetahui lebih detail lagi tentang Pesma. Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi sarana ta’aruf dan penyambung ukhuwah antar sesama mahasantri Pesma KH. Mas Mansyur. Dalam kegiatan ini, organisasi yang ada di Pesma yaitu ISO dan IMM juga melakukan OPREC (Open Recruitment) bagi mahasantri baru Pesma yang ingin bergabung di salah satu maupun kedua organisasi tersebut.
Setelah itu, diselenggarakanlah Cadre Adventure oleh IMM Kompon Int. KH. Mas Mansyur pada tanggal 7-9 Oktober 2016. Cadre Adventure? Waah pasti ini isinya jalan-jalan dan seru-seruan. Itu bayangan saya pada awalnya. Ternyata tidak hanya sebatas jalan-jalan, seru-seruan, asyik-asyikan namun dalam kegiatan ini kami dikenalkan lebih dalam lagi tentang Pesma KH. Mas Mansyur dan IMM Mas Mansyur tentunya. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari 2 malam di area Tlaga Madirda, Karanganyar. Ma syaa Allah. Ketika sampai di lokasi, kami disuguhi dengan panorama Tlaga dan perbukitan yang sungguh indah.
Cadre adventure merupakan kegiatan perkaderan awal dalam IMM Mas Mansyur. Karena dalam kegiatan ini, kader-kader IMM Mas Mansyur dipertemukan, saling mengenal satu sama lain dan dengan pimpinan, mendapat materi, diskusi bersama, outbond dan lain-lain yang mana dapat mengukuhkan ukhuwah dan rasa kekeluargaan dalam IMM Mas Mansyur ini.
Pada hari pertama,  diadakanlah Sarasehan bersama Pimpinan IMM Mas Mansyur yang dipimpin oleh IMMawan Abu Salim dkk yang mana kita saling berta’aruf dan sharing mengenai Pesma dan IMM Mas Mansyur.
Dalam sesi ini kami selaku kader diberikan kesempatan untuk bertanya sebanyak-banyaknya tentang seluk beluk Pesma dan IMM Mas Mansyur. Mulai dari sejarah perjuangan mendirikan IMM di Pesma Mas Mansyur, ketua - ketua umum yang pernah menjabat, perbedaan IMM Mas Mansyur dengan IMM Fakultas, Bidang kerja dalam IMM sampai pada kegiatan atau program kerja yang dilakukan oleh pimpinan. Selain itu para pimpinan menyampaikan motivasi mereka dan alasan kenapa mau bergabung serta berjuang bareng dalam IMM Mas Mansyur. Hal ini dilakukan guna memotivasi kami dan memantapkan pilihan kami untuk bergabung dalam IMM Mas Mansyur dan menjadi penerus dalam estafet kepemimpinan selanjutnya.
            Kemudian pada hari kedua, kami memperoleh 2 materi. Yang pertama yaitu materi tentang Ke-Mas Mansyur-an yang disampaikan oleh Immawan Ahmad Bashirudin dan Immawan Aulia Hanif. Mereka menjelaskan tentang sejarah perjuangan berdirinya IMM Mas Mansyur, perkembangannya , ideologi dan wacana yang diusung serta lainnya. Dari sini kami mengetahui bahwa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Pondok Internasional KH. Mas Mansyur mulai dirintis berdirinya tahun 2010 oleh para aktivis atau kader Muhammadiyah yang tinggal di Pesma KH. Mas Mansyur pada saat itu. Dan IMM Kompon Int. Mas Mansyur resmi didirikan pada 30 Juli 2011 secara dejure didirikan, serta di deklarasikan tanggal 17 Agustus 2011 yang bertepatan Peristiwa Nuzulul Quran dan Proklamasi Kemerdekaan NKRI 17. Walau masih bisa dibilang komisariat IMM yang muda, IMM Mas Mansyur mempunyai ciri khas yang sangat menonjol yaitu Religiusitasnya. Hal inilah yang membedakan IMM Mas Mansyur dengan IMM lain yang hanya mengusung konsep Humanitas maupun Intelektualitasnya . Karena dengan religiusitas kita dapat menyeimbangkan pemikiran ataupun konsep humanitas dan intelektualitas yang ada. Sehingga bukan hanya dunia yang kita dapatkan, tapi akhirat pun dapat kita raih. 1.
            Materi yang kedua yaitu Ke-Mahasiswa-an yang disampaikan oleh Immawan Afa dan Immawan Alun. Kami diajak berdiskusi tentang apakah Mahasiswa itu, bagaimana peran mahasiswa dalam masyarakat dan peradaban. Mahasiswa adalah sekelompok orang yang mendapat predikat dari masyarakat karena menempuh perguruan tinggi. Dan mahasiswa mempunyai peran yang sangat signifikan di dalam masyarakat. Peran mahasiswa dalam masyarakat ada 4 yaitu agent of change, social control, iron stock dan force moral. Peranan mahasiswa sangat ditunggu-tunggu dan diharapkan oleh masyarakat untuk menjawab suatu permasalahan yang ada. Sehingga mahasiswa dengan intelektual, humanitas dan religiusitasnya dapat membawa peradaban yang lebih baik pada masanya.
Di malam terakhir Cadre Adventure, tibalah puncak acara Cadre Adventure yaitu Malam Inagurasi. Dalam sesi ini, kami diajak lebih dekat dengan semua yang hadir dalam Cadre Adventure, baik itu peserta, panitia maupun apara alumni. Semua kelompok kecil dari peserta akan menampilkan berbagai seni yang mereka miliki. Selain itu, ada persembahan spesial dari pimpinan IMM Mas Mansyur dan para alumni.
            Tibalah pada hari terakhir Cadre Adventure. Pada dini hari, peserta dibangunkan untuk menyusuri jalan setapak di desa tersebut. Ada beberapa pos dan tantangan yang harus dilalui seperti: tanya jawab, mencari kertas di area makam, menghafal surat pendek dan lain lain. Menurut saya, acara ini dilakukan untuk menguji sebarapa baik mental kader IMM Mas Mansyur dan kekritisannya dalam memecahkan setiap tantangan dan masalah.
Setelah itu, tepatnya pukul 08.30-12.00 para peserta, panitia dan alumni diajak untuk lebih dekat dengan alam yaitu outbond. Selama outbonda kami harus melewati beberapa pos permainan dan menyelesaikannya dengan baik. Main air, lumpur, rumput dan lainnya sudah kami rasakan. Bahkan di saat akhir outbond, area Tlaga Madirda diguyur hujan. Itulah puncak keseruan acara Cadre Adventure 2016.
            Luar biasa pengalaman yang telah kami dapatkan dar Cadre Adventure 2016.
Teman baru, ilmu baru, pengalaman baru dan tentunya keluarga baru yaitu IMM Kompon Int. KH. Mas Mansur. Walau hanya 3 hari 2 malam, konsep trilogi IMM kami telah dapatkan. Intelektualitas yang diramaikan dengan forum diskusi yang telah disediakan. Humanitas diciptakan dengan sosialisasi kami pada masyarakat yaitu saat dilaksanakannya jamaah sholat fardhu di masjid desa. Selain itu juga, terjalinnya ukhuwah antara kader dan pimpinan IMM Mas Mansyur. Religiusitas merupakan bagian yang tidak terlupakan  oleh kami, sholat berjamaah baik itu sholat fardhu maupun tahajud insyaa Allah kami dirikan, membaca al-qur’an kami seringkan dan kultum pun kami rutinkan. Konsep trilogi IMM harus kami seimbangkan, agar terciptanya kader yang militan dan loyal terhadap gerakan.
Terimakasih kepada panitia pelaksana dan segenap pimpinan IMM Kompon Int. KH. Mas Mansur atas segala persiapan kegiatannya, pelaksanaan serta penutupan yang sangat istimewa. ^_^

Salam faskho! Tetaplah berlomba-lomba dalam kebaikan untuk meraih ridho dan jannah Allah SWT.



Nama               : Aulia Zumrotus Sholikhah
Jurusan            : Kesehatan Masyarakat
Asal Daerah    : Kudus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar